Diposting Pada: Senin, 13 November 2017
Kelurahan Sungai Pinang Icon Kerukunan Umat Beragama di Jambi


Kelurahan Sungai Pinang Icon Kerukunan Umat Beragama di JambiJambi (Inmas) --Kelurahan Sungai Pinang Kabupaten Bungo terpilih sebagai Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan Tingkat Provinsi Jambi tahun 2017. Dipilihnya Kelurahan Sungai Pinang tersebut setelah berhasil mengungguli Desa/Kelurahan lainnya yang telah dilakukan verifikasi oleh tim yang dikoordinir langsung oleh Subbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Kanwil Kemenag Provinsi Jambi.

Berada tepat di Ibukota Kabupaten Bungo, Kelurahan Sungai Pinang masuk wilayah Kecamatan Bungo Dani dengan lima Desa/Kelurahan didalamnya. Bungo Dani merupakan salah satu dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo yang meliputi dua kelurahan dan tiga desa, yaitu Kelurahan Sungai Kerjan dan Sungai Pinang serta Desa Talang Pantai, Sungai Arang dan Pulau Pekan.

Keadaan penduduk Kelurahan Sungai Pinang terdiri dari beragam suku dan agama serta yang paling menarik adalah rumah ibadah yang berada saling berdampingan dalam satu kawasan.

Amran salah seorang warga mengaku Sungai Pinang dalam sejarahnya pertama kali dihuni oleh masyarkat asli Bungo yang mayoritas beragama islam yang dalam perkembangannya mengikuti kemajuan zaman mampu menerima pembauran dengan masyarakat dari etnis lainnya.

Camat Bungo Dani, Ramayanti mengaku bangga dengan dipilihnya Kelurahan Sungai Pinang menjadi Kelurahan Sadar Kerukunan dan berharap desa atau kelurahan lainnya akan menjadi contoh kerukunan umat beragama.

Keberadaan penduduk yang memiliki latar belakang agama yang berbeda secara tidak langsung menjadi penguat akan sebuah perbedaan yang ada, salah satunya saat merayakan peringatan hari besar keagamaan dimana masyarakatnya saling membantu satu sama lainnya.

Pemeliharaan kerukunan umat beragama baik di tingkat Daerah, Provinsi, maupun Negara merupakan kewajiban seluruh warga Negara beserta instansi pemerintah lainnya. Lingkup ketentraman dan ketertiban termasuk memfalisitasi terwujudnya kerukunan umat beragama, memfasilitasi dialog kerukunan, menumbuh kembangkan keharmonisan saling pengertian, saling menghormati, saling percaya diantara umat beragama.

Hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara begitu terasa di Kelurahan ini. (pas)

 


99x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
MTsN Terusan Ubah Tata Lingkungan Dengan Menambah Taman
MTsN Terusan Ubah Tata Lingkungan Dengan Menambah Taman
Meriahkan HUT RI ke-72, PKK Desa bersama Penyuluh Agama KUA Tabir Timur Gelar Lomba Penyelenggaraan Jenazah
Meriahkan HUT RI ke-72, PKK Desa bersama Penyuluh Agama KUA Tabir Timur Gelar Lomba Penyelenggaraan Jenazah
Pembinaan Dokter Kecil Oleh Puskesmas Hiang, Menyonsong Perlombaan Tingkat Kabupaten
Pembinaan Dokter Kecil Oleh Puskesmas Hiang, Menyonsong Perlombaan Tingkat Kabupaten
Tingkatkan Kinerja Penyuluh, Kemenag Kabupaten Kerinci Laksanakan Sosialisasi SIMPENAIS
Tingkatkan Kinerja Penyuluh, Kemenag Kabupaten Kerinci Laksanakan Sosialisasi SIMPENAIS

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 18 November 2017, 11:43:24 wib | Diproses dalam waktu : 0.1134 detik
Diakses dari ip address: 54.162.241.40
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved