Profil LPSE



A. GAMBARAN UMUM LPSE UNIT AGENCY KANWIL KEMENAG PROV. JAMBI

Pengadaan barang/jasa Pemerintah yang efisien dan efektif merupakan salah satu bagian yang penting dalam perbaikan pengelolaan keuangan Negara. Salah satu perwujudannya adalah dengan pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik, yaitu pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam mendukung pengadaan barang/jasa, perlu dibangun kualitas SDM pengelola LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi sebagai pengguna SPSE (Sistem Pelayanan Secara Elektronik) yang memiliki hak akses User ID dan password yang diberikan LPSE Kementerian Agama RI. Pengguna SPSE terdiri dari Admin Agency, Admin Verifikator dan Admin Helpdesk, yang mempunyai tugas masing-masing dalam melaksanakan Layanan Pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik, untuk menghubungkan panitia/unit Layanan Pengadaan (ULP) dengan Penyedia barang dan jasa.

LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik pada Unit agency Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi merupakan unit kerja dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang menyelenggarakan Sistem Pelayanan Pengadaan barang/jasa secara elektronik. Dimana penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik diatur dalam Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

B. DASAR HUKUM

  1. Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 dan perubahannya tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
  2. Peraturan Kepala LKPP Nomor 2 Tahun 2010 tentang Layanan Pengadaan Secara Elektronik
  3. Peraturan Kepala LKPP Nomor 1 Tahun 2011 tentang Tata Cara E-Tendering
  4. Surat Edaran Sekjen Kemenag RI nomor : SJ/B.VIII/2/HM.00/2863/2012 tentang Pelaksanaan Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) di lingkungan Kementerian Agama

C. TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi adalah sebagai berikut:
  1. Agar pelaksanaan tugas LPSE dapat berjalan sesuai dengan tugas masing-masing
  2. Pengelolaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik dapat berjalan secara sistematis, Transparan dan akuntabel.
  3. Penyedia mendapatkan kesempatan yang sama dalam pengadaan barang/jasa Pemerintah.
  4. Masyarakat dapat menikmati hasil pengadaan barang/jasa secara lebih baik karena lebih transparan.

Manfaat LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas.
  2. Meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat.
  3. Memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan.
  4. Mempermudah monitoring dan audit.
  5. Memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time.
  6. Meminimalisasi pertemuan antara pihak penyedia dan panitia.
  7. Mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

D. URAIAN TUGAS TIM PENGELOLA LPSE

 

Uraian Tugas Tim Pengelola LPSE
Pengarah (Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi)

Tugas dan tanggung jawab  pengarah Tim LPSE adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan arahan terhadap pengelolaan LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  2. Memberikan kebijakan dan strategi dalam pelaksanaan LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  3. Menetapkan langkah-langkah dalam rangka menghadapi kendala dan hambatan pelaksanaan LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
Penanggung jawab (Kabag TU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi)

Tugas dan tanggung jawab penangung jawab Tim LPSE adalah sebagai berikut:
  1. Bertanggung jawab atas pengelolaan LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi berjalan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Memberikan bimbingan dan arahan kepada Tim dalam pelaksanaan LPSE.
  3. Mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan melaporkan hasil pengelolaan LPSE kepada Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi selaku Pegarah Tim LPSE.
Ketua LPSE ( Kasubbag Informasi dan Humas)
Tugas dan tanggung jawab Ketua Tim LPSE adalah sebagai berikut:
  1. Melaksanakan kebijakan dan arahan dari Pengarah dan Penanggungjawab Tim LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan LPSE berjalan sesuai prosedur peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Bertanggungjawab atas infrastruktur LPSE yang terdiri dari : penyiapan ruangan, hardware, software dan Jaringan Internet.
  4. Bertanggungjawab atas penyiapan operasional pelaksanaan LPSE.
  5. Menerima dan memberikan disposisi kepada Admin Agency setiap surat permohonan pendaftaran paket lelang pengadaan barang/jasa melalui LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, dengan memperhatikan kelengkapan persyaratan dokumen administrasi.
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan lelang paket pengadaan barang/jasa kepada Penanggungjawab Tim LPSE.
Anggota (Dwi Tarunaji, S. Ag, Darmawati, SE, Puspa Riza, SE, MEI, Edwar Hardiansyah)

Tugas dan tanggung jawab Anggota Tim LPSE adalah sebagai berikut:
  1. Membantu Ketua Tim LPSE dalam pelaksanaan LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  2. Membantu Ketua Tim LPSE dalam penyiapan ruangan, hardware, software, Jaringan Internet dan operasional LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  3. Mengelola Administrasi LPSE seperti Menerima surat masuk dan menyampaikan kepada Ketua Tim LPSE terkait pendaftaran lelang paket pengadaan barang/jasa.
  4. Membuat surat undangan dan kelengkapan administrasi rapat Tim LPSE dalam rangka koordinasi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan LPSE.
  5. Membuat laporan pelaksanaan paket pengadaan barang/jasa yang terdafar dalam LPSE Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  6. Melaksanakan tugas yang diberikan Ketua Tim LPSE.
Admin Agency (Eka Yuliana, SE)

Tugas dan tanggung jawab Admin Agency adalah untuk meng-entry data yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, yaitu sebagai berikut :
  1. Membuat Sub Agency (Jika Diperlukan);
  2. Memeriksa kelengkapan administrasi dokumen Satker yang terdiri dari
     Surat Permohonan Pengumuman Pengadaan Barang/Jasa.
     Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).
     Surat Keputusan Panitia Pengadaan Barang /Jasa.
     Foto Copy Sertifikat Lulus Pengadaan Barang/Jasa.
     Formulir Biodata PPK dan Panitia Pengadaan Barang/Jasa.
     Foto Copy RKAKL Paket Pengadaan Barang Jasa.
  3. Entry Data Satuan Kerja (Satker) di instansi yang bersangkutan;
  4. Entry Data Anggaran yang digunakan pada paket lelang;
  5. Entry Data Pegawai yang bertugas sebagai PPK dan Panitia sesuai dengan SK (Surat Keputusan) dari Pejabat di instansi yang bersangkutan;
  6. Membuat User Panitia sesuai dengan SK (Surat Keputusan)
  7. Mengisi data anggota kepanitiaan yang akan bertanggungjawab pada paket tertentu.
  8. Mengarsipkan kelengkapan administrasi Satker.
  9. Melaporkan hasil setiap entry data paket pengadaan barang/jasa kepada Ketua LPSE
  10. Melaksanakan tugas yang diberikan Ketua LPSE.
Verifikator (Paspihani, S. Sos, Suci Ramadhani, S. Kom, dan Nevi Purbawati, S. I. Kom)

Tugas dan Tanggung jawab Verifikator LPSE adalah sebagai berikut:
  1. 1. Melakukan verifikasi bahan registrasi form penyedia pengadaan barang/jasa untuk dapat menggunakan SPSE
  2. 2. Melakukan verifikasi pada form keikutsertaan penyedia berupa file word (Formulir_Keikutsertaan.doc), terdiri dari 5 lembar :
     Pernyataan (3 lembar)
     Surat Penunjukkan Admin (Lampiran 1 Lembar)
     Surat Kuasa (Lampiran 1 Lembar)
  3. Melakukan verifikasi pada form Penyedia berupa file excel (Form_Penyedia.xls), terdiri dari 6 lembar :
     Isian Identitas perusahaan
     Isian Akta
     Isian Ijin Usaha
     Isian Pemilik
     Isian Pengurus 
     Isian Staff Ahli
  4. Melakukan verifikasi berkas penunjang Penyedia, yang terdiri dari:
     KTP Direksi direksi/direktur/pemilik perusahaan/pejabat yang berwenang di perusahaan (fotokopi)
     NPWP (asli & fotokopi)
     Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)/Surat Ijin Jasa Konstruksi (SIUJK)/ijin usaha sesuai bidang masing-masing (asli & fotokopi)
     Tanda Daftar Perusahaan (TDP) (asli & fotokopi) 
     Akta pendirian perusahaan dan akta perubahan terakhir (asli & fotokopi)
  5. Berwenang untuk menyetujui atau tidak menyetujui pendaftaran dari Penyedia untuk dapat masuk kedalam SPSE.
  6. Melaporkan hasil registrasi dan persetujuan penyedia yang masuk ke SPSE kepada Ketua LPSE
  7. Melaksanakan tugas yang diberikan Ketua LPSE.
Helpdesk (Agustinus Ferianto, S.Kom dan Arpani, S. Kom, MAB)

Tugas dan tanggung jawab Helpdesk LPSE adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan informasi pengguna SPSE apabila mengalami masalah.
  2. Berwenang untuk menjawab pertanyaan yang masuk kedalam menu Tanya Jawab halaman utama SPSE.
  3. Memberikan layanan konsultasi tentang proses pengadaan secara elektronik
  4. Membantu user jika ada masalah dengan aplikasi
  5. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
  6. Mencatat semua data, pertanyaan/permasalahan
  7. Memelihara data FAQ (pertanyaan yang sering diajukan user) agar jika ada pertanyaan serupa dapat segera dijawab
  8. Menghubungi administrator aplikasi & sistem jika diperlukan
  9. Menghubungi Helpdesk LPSE Pusat jika diperlukan
  10. Melaporkan setiap ada pertanyaan pengguna SPSE yang dilayani atas informasi yang di berikan kepada Ketua LPSE
  11. Melaksanakan tugas yang diberikan Ketua LPSE.
  12. Prosedur Helpdesk adalah sebagai berikut :
    (a). Melalui Telepon :
    - Mengangkat telepon maksimal setelah 3 kali deringan
    - Menyapa dengan salam pembuka Selamat Siang Pusat Layanan E-Proc (Nasional) di sini ada yg bisa kami bantu?
    - Mencatat identitas penelpon
    - Menanyakan permasalahan
    - Menjawab pertanyaan atau permasalahan 
    (b). Melalui E-mail : 
    - Memeriksa E-Mail secara teratur 
    - Menjawab E-Mail (pertanyaan yang terjawab dan status email) 
    - Menyimpan email yang sudah terjawab ke dalam suatu folder
    - Menyimpan email yang pending ke dalam suatu folder 
    (c). Walk In User : 
    - Menerima tamu 
    - Mempersilakan mengisi daftar tamu
    - Menanyakan keperluan dan permasalahan
    - Melayani keperluan dan permasalahan 
    - Jika tidak terjawab diserahkan kepada yang lebih berkompeten
Admin SIRUP (Agustinus Ferianto, S.Kom)
Tugas dan tanggung jawab admin SIRUP adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan Koordinasi dengan admin RUP Kementerian Agama RI Jakarta.
  2. Melakukan pendaftaran sebagai admin PPE Kanwil Kemterian Agama Provinsi Jambi pada website LKPP : inaproc.lkpp.go.id/sirup.
  3. Memberikan User Id dan Password pada Admin SIRUP pada seluruh Satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, yang telah di ajukan sebagai admin SIRUP oleh KPA mansing-masing Satker.
  4. Melakukan entri Rencana Umum Pengadaan (RUP) Pengadaan Barang/Jasa Kontraktual dan Swakelola pada DIPA di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  5. Membantu dan melayani Admin SIRUP Satker dalam melakukan Entri RUP pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP).
  6. Mengumpulkan hasil pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) menggunakan SiRUP pada seluruh Satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
  7. Membuat Laporan Rencana Umum Pengadaan (RUP) seluruh Satker di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.

 

E. SUSUNAN TIM PENGELOLA LPSE
Pengarah : Drs. H. M. Thahir, M. H. I
Penanggungjawab : Drs. H. Jamrizal, M. Pd
Ketua : Drs. Thoif, M. Pd. I
Admin Agency : Eka Yuliana, SE
Help Desk/ Admin SIRUP : Agustinus Ferianto, S. Kom
HelpDesk : Arpani, S. Kom, MAB
Verifikator :
  1. Paspihani, S. Sos
  2. Suci Ramadhani, S. Kom
  3. Nevi Purbawati, S. I. Kom
Anggota :
  1. Dwi Tarunaji, S. Ag
  2. Darmawati, SE
  3. Puspa Riza, SE, MEI
  4. Edwar Hardiansyah


F. STRUKTUR LPSE

 

STRUKTUR

 

 

Login ke LPSE Klik Link di Bawah ini:

 


 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 23 Agustus 2017, 22:31:56 wib | Diproses dalam waktu : 0.0008 detik
Diakses dari ip address: 54.81.46.194
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved