Subbag Informasi dan Hubungan Masyarakat



Berdasarkan PMA 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tentang Optimalisasi  Tugas dan Fungsi Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat, maka Tugas Pokok dan Fungsi Subbag Informasi dan Humas sebagai berikut:

 

Tugas Pokok

 

Melakukan penyiapan bahan pelaksanaan urusan pengelolaan informasi dan hubungan masyarakat.

 

Fungsi

  1. Melakukan peliputan, pendokumentasian dan publikasi terhadap program, kegiatan, dan capaian Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, termasuk didalamnya:
    • mengelola Majalah Kantor Wilayah dan penerbitan berkala lainnya;
    • menyelenggarakan konferensi pers, temu wicara dengan insan media dan membuat siaran pers (pers release) serta mengirimkannya kepada redaksi media massa lokal maupun nasional;
    • mengelola dokumentasi dalam bentuk foto, video, audio maupun lainnya;
    • melakukan pemantauan dan analisis terhadap pemberitaan terkait Kementrian Agama, termasuk pembuatan kliping berita;
    • menjadi penghubung dengan media dan menjadi juru bicara Kantor Wilayah Kementrian Agama; dan
    • mengelola publikasi media dalam ruang seperti standing banner dan media luar ruang seperti baliho, spanduk, lainnya.
  2. Memberikan pelayanan data, informasi dan layanan lain sesuai dengan tugas dan fungsinya kepada instansi/lembaga lain dan masyarakat, termasuk di dalamnya:

    • menkoordinasikan pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data lintas bidang/unit kerja di tingkat provinsi;
    • mengelola unit pelayanan informasi dan dokumentasi (PPID Unit Kantor Wilayah);
    • mengelola unit pelayanan pengadaan barang dan jasa secara elektronik (Agensi/Sub Agensi LPSE);
    • membantu pelaporan pelaksanaan anggaran secara elektronik (e-MPA);
    • menyiapkan rohaniawan yang diperlukan oleh instansi lain untuk keperluan pengambilan sumpah jabatan;
  3. Mengelola teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada Kantor Wilayah meliputi : website Kantor Wilayah, jaringan VPN-IP (Virtual Private Network-Internet Protocol), LAN (Local Area Network), telepon berbasis internet, video conference, layanan e-mail resmi Kementrian Agama, serta layanan lainnya berbasis TIK.
  4. Menjadi penghubung Kantor Wilayah Kementrian Agama dengan instansi/lembaga lain terutama dengan DPRD, Pemerintah Provinsi, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah, serta dengan instansi lainnya yang menjadi pemangku kepentingan Kementrian Agama di tingkat Provinsi.
  5. Memberi bimbingan teknis tentang kehumasan, data dan TIK kepada jajaran Kementrian Agama Kabupaten/Kota/Madrasah.
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota dan Madrasah Negeri pada bidang kehumasan, data, dan TIK.
  7. Melakukan koordinasi/konsultasi tentang kebijakan, program dan kegiatan kehumasan, data, dan TIK kepada Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat atau unit kerja lainnya yang terkait di Kementrian Agama Pusat.

 


 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 24 Oktober 2017, 10:45:28 wib | Diproses dalam waktu : 0.0022 detik
Diakses dari ip address: 54.81.6.121
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved