Ka.Kanwil Minta Pelayanan Bimbingan Perkawinan Untuk Terus Ditingkatkan   Kontingen Jambi Raih 2 Medali Pada Pentas PAI Nasional di Makassar   Ka.Kanwil Buka Pelaksanan Pentas PAI Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019   Pertama di Indonesia, Sekjen Kemenag RI Luncurkan Humas TV Kemenag Jambi   Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi  

Kanwil Gelar Kegiatan Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar dan Menengah


Diposting pada: Kamis, 10 Oktober 2019
Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi

Jambi (Inmas)--Mewakili Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Abd. Rahman selaku PLH Kakanwil membuka secara resmi Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar dan Menengah pada Rabu, 9 Oktober 2019 di salah satu hotel di kota Jambi.

Pembinaan guru agama Katolik yang berlangsung mulai tanggal 9-11 Oktober 2019 tersebut diikuti oleh 35 orang guru agama Katolik baik guru agama sekolah negeri, swasta, dan guru tidak tetap dari kabupaten/ kota di provinsi Jambi.

Dalam arahannya, H. Abd Rahman yang mewakili Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi menjelaskan bahwa ada 4 hal yang harus dimiliki oleh guru, yaitu : Berilmu, Niat baik dan motivasi, Sabar, serta Tulus dan Ikhlas.

Beliau mengingatkan agar para guru agama Katolik Provinsi Jambi harus mampu menyusun RPP. Dikatakannya, ketika ada audit kinerja para guru, maka hal pertama yang diperiksa adalah RPP. "Ada guru yang copy paste RPP bahkan sampai lupa mengganti nama penyusun atau nama sekolah yang bersangkutan dalam RPP tersebut", jelasnya.

lebih lanjut beliau menyerukan agar para guru agama Katolik membangun kembali kompetensi guru. "Hidupkan kembali kompetensi guru. Ayo mulai!", pungkasnya.

sementara itu dalam laporannya, Petrus Dhanga selaku ketua panitia memaparkan bahwa pembinaan guru yang ini bertujuan untuk membina dan memberdayakan guru agama Katolik untuk meningkatkan integritas, spiritualitas, dan kualitas guru agama sehingga para guru ini mampu secara profesional menggali kemampuan dan kompetensi untuk menjawab persaingan yang kompetitif. Berdasarkan hal tersebut pembinaan guru agama Katolik kali ini mengambil tema "Melalui Kegiatan Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar dan Menengah, Kita Tingkatkan Spiritualitas, Integritas, dan Kualitas dalam Memperkuat Moderasi Beragama".



Sumber : Bimas Katolik

Penulis : Siska Lidya

Editor : Nevi Purbawati