Ka.Kanwil Minta Pelayanan Bimbingan Perkawinan Untuk Terus Ditingkatkan   Kontingen Jambi Raih 2 Medali Pada Pentas PAI Nasional di Makassar   Ka.Kanwil Buka Pelaksanan Pentas PAI Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019   Pertama di Indonesia, Sekjen Kemenag RI Luncurkan Humas TV Kemenag Jambi   Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi  

Kakanwil : Pembinaan Dharma Gita Melatih Generasi Muda Mencintai Ajaran Agama Hindu


Diposting pada: Senin, 23 September 2019
Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi

Jambi (Inmas) – Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad menutup kegiatan pembinaan sloka dan palawakya pada Minggu, 22 September 2019 di salah satu hotel di Jambi.

Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan agar pembinaan yang dilakukan untuk persiapan Utsawa Dharma Gita tahun 2020 ini dilakukan secara berkelanjutan, termasuk bagi generasi muda, agar generasi muda tersebut semakin terlatih dalam memahami ajaran agama Hindu dan semakin mencintai ajaran agama tersebut.

Perlu diketahui bahwa Utsawa berarti festival atau lomba. Sedangkan Dharma Gita adalah nyanyian suci keagamaan. Dengan demikian, Utsawa Dharma Gita adalah festival atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu, atau sejenis MTQ dalam agama Islam.

"Ibarat altet yang setiap hari latihan, semakin lama akan semakin memahami olahraga yang digelutinya, dan kemudian atlet tersebut akan mencintai olahraga tersebut. Demikian juga melalui perlombaan ini, maka generasi muda akan latihan dan membaca kitab suci Weda setiap hari, sehingga mereka akan lebih memahami ajaran agama Hindu, kemudian semakin mencintai ajaran agama Hindu", ungkap beliau.

Beliau menambahkan agar tidak perlu sekedar menekankan pada hasil lomba saja. Namun, menurut beliau, perlombaan ini menjadi proses menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui transfer ilmu keagamaan oleh pembina kepada generasi muda tersebut.

"Ilmu yang sudah ditransfer melalui pembinaan ini jangan sampai hilang. Maka, ikutkanlah anak-anak ini dalam kegiatan-kegiatan pembinaan secara berkelanjutan. Untuk hal ini, tolong fungsi lembaga pengembangan pembinaan dioptimalkan", pungkas beliau.

Menanggapi hal tersebut, dalam wawancara terpisah, I Putu Suratman selaku Pembimas Hindu menyampaikan bahwa Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) akan terus melakukan pembinaan Dharma Gita baik Sloka, Palawakya, dan lain-lain secara berkelanjutan bagi umat Hindu.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska lidya

Editor : Nevi