Ka.Kanwil Minta Pelayanan Bimbingan Perkawinan Untuk Terus Ditingkatkan   Kontingen Jambi Raih 2 Medali Pada Pentas PAI Nasional di Makassar   Ka.Kanwil Buka Pelaksanan Pentas PAI Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019   Pertama di Indonesia, Sekjen Kemenag RI Luncurkan Humas TV Kemenag Jambi   Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi  

Pembimas Hindu Buka Secara Resmi Pembinaan Sloka dan Palawakya


Diposting pada: Senin, 23 September 2019
Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi





Jambi (Inmas) – Pembimas Hindu, I Putu Suratman mewakili Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi mebuka secara resmi kegiatan pembinaan pemahaman sloka dan palawakya agama Hindu provinsi Jambi tahun 2019 pada Jumat, 20 September 2019 di salah satu hotel di kota Jambi.

Kegiatan yang berlangsung mulai 20 September 2019 – 22 September 2019 tersebut diikuti oleh 32 orang peserta se-provinsi Jambi.

Dalam laporannya, Ketua panitia, Suhardi menyampaikan bahwa pembinaan tersebut merupakan bentuk perhatian dari pemerintah, dalam hal ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi terhadap generasi muda di Provinsi Jambi sehingga umat Hindu mahir membaca dan melagukan sloka dan palawakya.



Perlu diketahui, sloka merupakan bagian dari Dharmagita berupa bagian ayat atau bait dari kitab suci yang dibaca dengan irama mantra yang digubah dalam bentuk syair, dimana isinya mengandung pujaan-pujaan atas kebesaran Tuhan. Sedangkan palawakya biasanya berbentuk prosa berbahasa Jawa kuno yang sering diselingi Bahasa Sanskerta. Dharmagita adalah suatu lagu atau nyanyian suci yang secara khusus dilagukan atau dinyanyikan pada saat upacara keagamaan Hindu, dan untuk mengiringi upacara ritual.



Dalam sambutannya mewakili Kakanwil, I Putu Suratman menekankan agar melalui pembinaan ini, umat Hindu memperdalam ajaran agama dalam bentuk Dharmagita. Beliau juga berpersan agar umat Hindu selalu membaca kitab suci Weda agar perilaku dalam kehidupan sehari-hari selalu berdasarkan ajaran Dharma.

“Nanti kita akan perdalam mengenai Sloka dan Palawakya dalam materi-materi yang disampaikan untuk persiapan kegiatan Dharmagita secara nasional tahun 2020 mendatang”, pungkas beliau.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Nevi Purbawati