Ka.Kanwil Buka Pelaksanan Pentas PAI Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019   Pertama di Indonesia, Sekjen Kemenag RI Luncurkan Humas TV Kemenag Jambi   Ka.Kanwil Terima Penghargaan Satya Lencana Dharma Bhakti Pada Puncak Apel Pramuka Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jambi   Provinsi Jambi memperoleh Kuota Haji Tambahan Tahun ini sebanyak 354 Orang, sehingga Total JCH Tahun ini sebanyak 3.253 Orang   Pelunasan BPIH Reguler Tahap I & II sebanyak 2.891 orang dari total kuota 2.899 atau capai 99,72%  

Jelang Pentas PAI Nasional, Kanwil Rencanakan Seleksi Tingkat Provinsi


Diposting pada: Senin, 12 Agustus 2019
Pelunasan BPIH Reguler Tahap I & II  sebanyak 2.891 orang dari total kuota 2.899 atau capai 99,72%

Jambi (Inmas) - Pekan Keterampilan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Seluruh Provinsi ikut serta pada ajang tersebut, termasuk Provinsi Jambi. Sebagai salah satu persiapan dalam mengikuti ajang bergengsi tersebut, pada 20 Agustus mendatang Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi akan melaksanakan kegiatan seleksi Pentas PAI Tingkat Provinsi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat menyaring bakat-bakat para peserta terbaik yang akan diikutkan pada Pentas PAI Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Hj. Sumidar, S. Ag, MM selaku Kasi PAI Tingkat Menengah pada Bidang Pakis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang ditemui, Senin (12/8) diruang kerjanya mengatakan bahwa seluruh peserta yang akan mengikuti seleksi nanti adalah peserta-peserta yang menjadi juara pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota.

"Jumlah peserta seleksi sebanyak 207 orang, yang merupakan peserta yang menang pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota," ungkapnya.

Saat ditanya target yang ingin dicapai pada Pentas PAI Nasional nanti, Sumidar mengatakan tidak menargetkan harus juara umum. Tapi minimal Provinsi Jambi dapat membawa 3 medali emas.

"Namun apapun hasilnya nanti, kami berharap setiap peserta bukan hanya mengejar Prestasi tapi juga dapat memperkuat karakter dan agama Islam bagi para peserta pada sekolah umum," ujarnya.

Sesuai jadwal, seleksi peserta Pentas PAI akan dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 22 Agustus mendatang, bertempat di Gedung LPMP Telanaipura. Kegiatan rencana akan dibuka langsung oleh Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Peserta akan mengikuti seleksi pada lima cabang lomba dari keseluruhan 10 cabang lomba yang akan dipertandingkan pada Pentas PAI Tingkat nasional. lima cabang lomba tersebut antara lain Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Lomba Cerdas Cermat (LCP), Lomba Seni Nasyid (LSN) serta Lomba Debat PAI (LDP). Setiap cabang lomba akan diambil satu peserta terbaik untuk mewakili Provinsi Jambi.

Sementara itu dua cabang lomba akan menunggu hasil dari pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi yaitu pada cabang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Lomba Kaligrafi Islam (LKI), kemudian untuk tiga cabang lomba lainnya panitia akan berkoordinasi dengan pihak sekolah yang para siswanya memiliki prestasi terbaik yakni lomba kreasi busana muslim, lomba penulisan Cerita Islam serta lomba penulisan KIR-PAI. (ek/pas)