Pasca Lebaran, Ka.Kanwil Minta ASN Tingkatkan Kedisiplinan   Serahkan SK, Ka.Kanwil Ingatkan CPNS Totalitas Dalam Pengabdian   Provinsi Jambi memperoleh Kuota Haji Tambahan Tahun ini sebanyak 354 Orang, sehingga Total JCH Tahun ini sebanyak 3.253 Orang   Pelunasan BPIH Reguler Tahap I & II sebanyak 2.891 orang dari total kuota 2.899 atau capai 99,72%   Kakanwil akan lakukan pembinaan sekaligus menyerahkan SK. CPNS Hasil Seleksi Tahun 2018, pada tanggal 21 Mei 2019  

Belajar Coding Secara Otodidak, Ini Sosok Inspiratif Sang Agen Perubahan Kemenag Kerinci


Diposting pada: Senin, 07 Januari 2019
Kakanwil akan lakukan pembinaan sekaligus menyerahkan SK. CPNS Hasil Seleksi Tahun 2018, pada tanggal 21 Mei 2019

Kerinci (Inmas) --Sarjana pendidikan Islam dan teknologi, suatu perpaduan unik dapat Anda temui pada sosok kelahiran 33 tahun yang lalu, Anwar, S.PdI, M.PdI. Seorang Pria pendiam namun pekerja keras yang tak kenal lelah.

Kecintaannya pada dunia coding dan programming telah tumbuh sejak usia 25 tahun membuat Pria Lulusan Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang, terus berkiprah di bidang teknologi khususnya website dan aplikasi berbasis web hingga saat ini.

Menurutnya, dalam era saat ini punya ide untuk berinovasi memang penting. Namun tanpa usaha dan kerja keras, secemerlang apa pun ide yang dimiliki tak akan cukup kuat untuk menjadi sebuah realisasi.

Dengan keuletannya, Ayah dari dua orang putri ini berhasil menciptakan karya pertama yang diakses publik berupa website Kantor Kemenag Kabupaten Kerinci pada tahun 2013.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, keingintahuannya yang besar tentang bahasa pemograman sehingga tidak jarang tidur hingga larut malam. Dirinya sering begadang depan laptop demi menguasai database sql, html, php, javascript, css, dan bahasa pemograman lainnya.

Tepat pada awal tahun 2017, Dirinya ditawari oleh Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi untuk membuat website Kanwil sekaligus Kankemenag Kabupaten/ Kota dalam Provinsi Jambi.



Berikut perjalanan karirnya:

- Staf KUA Kecamatan Danau Kerinci

2009 s.d 2010

- Staf Kaur TU MTsN Seleman 2011 s.d 2012

- Staf Subbag TU Kankemenag Kab. Kerinci 2013

- JFU Penyusun Bahan Pemberitaan

2014

- JFU Bendahara Pengeluaran 2016 s.d 2017

- Fungsional Perencana Ahli Pertama 2018 s.d Sekarang



Web Developer, Ratusan Website dan Aplikasi:

- Aplikasi E-Kinerja Pegawai (lebih dari 31.000 pengguna)

- Aplikasi Pengelolaan Arsip Surat (lebih dari 450 instansi pengguna)

- Website Kanwil Kemenag Provinsi Jambi

- 11 Website Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota dalam Provinsi Jambi

- 133 Website Madrasah Negeri dalam Provinsi Jambi

- Aplikasi 35 PPDB Online Madrasah dalam Provinsi Jambi

- Aplikasi PTSP (pelayanan terpadu satu pintu) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi

- Aplikasi Digitalisasi Persuratan Kementerian Agama dalam Provinsi Jambi

- Aplikasi siPakis (sistem informasi pendidikan agama dan keagamaan Islam) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi

- Aplikasi SIMPPIU (Sistem Informasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi



Ratusan hasil kreasi/ inovasi di dunia pemograman tersebut mengantarkan pria kelahiran Sebukar, 10 Oktober 1985 ini terpilih menjadi salah satu Agen Perubahan yang dikukuhkan pada Upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73 tanggal 3 Januari 2019 yang lalu.

Diakui oleh Pria beralamat di Desa Sebukar Kecamatan Sitinjau Laut Kab. Kerinci ini bahwa pencapaiannya tersebut ini tidak lain adalah karena bantuan motivasi dari keluarga, doa kedua orang tua, dan dukungan dari pimpinan serta rekan2 lingkungan kerja.

Menjadi seorang web developer, menurutnya memiliki tantangan tersendiri mengingat website/ aplikasi saat ini sifatnya yang dinamis sehingga memerlukan pemeliharaan dan pengembangan setiap saat disamping pekerjaan dan tugas rutin sehari-hari.

Pernah diapresiasi kinerja inovasinya melalui Majalah Nasional Kementerian Agama Republik Indonesia "Ikhlas Beramal" Edisi 98 Tahun 2016 halaman 69. Tidak serta merta membuat Anwar terlena begitu saja. Ia justru ingin memberikan kontribusi lebih bagi instansi Kementerian Agama yang dicintainya.

Yang terpenting kedepannnya, ASN yang saat ini bekerja sebagai fungsional perencana pada Kantor Kemenag Kab. Kerinci bertekad untuk terus berkarya dan berusaha mengembangkan skill/ kemampuan yang dimiliki serta terus menciptakan karya dan inovasi yang bermanfaat bagi lingkungan kerja maupun masyarakat secara luas. (awr/pas)