Diposting Pada: Jumat, 18 Mei 2018
Kanwil Kemenag Jambi Fasilitasi Pertemuan Tokoh Lintas Agama, Ormas Islam dan Forkompinda


Kanwil Kemenag Jambi Fasilitasi Pertemuan  Tokoh Lintas  Agama, Ormas Islam dan ForkompindaJambi (Inmas) --Menyikapi aksi terror yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia dalam beberapa hari terakhir banyak menuai empati maupun kecaman dari berbagai pihak. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad, menginisiasi pertemuan dengan para Tokoh Lintas Agama (Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Khonghucu), Ormas Islam (Ketua MUI Provinsi Jambi, Ketua FKUB Provinsi Jambi, Ketua Dewan Masjid Indonesia Jambi, Ketua PW NU, Ketua PW Muhammadiyah) dan Forkompinda ( Kapolda Jambi, Danrem 042 Garuda putih, Kejaksaan Tinggi Jambi, Kepala BIN Daerah, Kepala Badan Kesbangpol Jambi, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme/FKPT Provinsi Jambi). Hadir dalam pertemuan Plt. Gubernur Jambi H. Fachrori Umar.

Pertemuan bertempat di aula Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Kamis (17/5) dengan agenda Rapat Koordinasi Tokoh Lintas Agama. Kakanwil memimpin langsung dialog dalam pertemuan ini, dan memberi kesempatan kepada tokoh dari enam agama, ormas Islam dan Forkompinda untuk menyampaikan himbauan-himbauan yang didahului oleh arahan Plt. Gubernur Jambi H. Fachrori Umar.

“Masyarakat harus paham adalah bahwa “Terorisme” bukanlah dari unsur agama manapun, sehingga tidak perlu ada kecurigaan diantara umat. Mereka tumbuh dari paham radikal yang sesat dan terorganisir dalam organisasi tertentu”, ujar kakanwil.

Kultur masyarakat kita yang mulai bergeser saat ini dengan sikap “cuek” dengan sekelilingnya “apatis” terhadap kejadian yang tak lazim/janggal juga perlu menjadi perhatian kita bersama, upaya pembinaan telah kita lakukan yang terpenting adalah dimulai dengan membangun pendidikan yang berkarakter sejak dini (pemahaman ajaran agama dengan benar, menanamkan jiwa-jiwa persatuan dan toleransi), tambahnya.

Kabinda pada kesempatan ini menyatakan bahwa masyarakat tetap tenang dan waspada dan yang tak kalah penting adalah bijaklah dalam menyikapi pemberitaan, jangan mudah terpancing, terprovokasi, jangan mudah menshare informasi yang berasal dari sumber yang tak legal.

“Kita waspada dan bersinergi dengan bidang tugas masing-masing untuk memberikan peran terbaik bagi bangsa. Karena radikalisme perlu waktu yang lama untuk memberantasnya, kita akan sadar setelah kejadian, harapannya setelah pertemuan ini ada aksi nyata, kita koordinasikan kembali roadmapnya dalam pertemuan mendatang guna merumuskan aksi nyata menyikapi akdi teror ini”, ungkap Danren 042 Garuda putih.

Hal senada juga diungkapkan Kapolda jambi, perubahan tata nilai yang sekarang terjadi pada generasi muda bangsa kita tak bisa sekejab kita atasi. Pergeseran dari sosial relations ke dunia maya maka dengan mudahnya akses informasi melalui media membuat faham radikal mudah berkembang dikalangan generasi muda yang sedang mencari jati diri, ini adalah tanggungjawab bersama dunia pendidikan umum dan agama dan kita bersama sebagai bangsa Indonesia. Selain itu beliau juga menekankan tentang pentingnya menggalakan kembali SISKAMLING guna deteksi dini potensi terjadinya aksi teror, peran Ketua RT sebagai lini terbawah ujung tombak pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakatnya.

Himbauan yang sama juga disampaikan oleh Kajari Jambi tentang pentingnya membangun kerukunan serta menjalin silaturahmi sehingga tercipta rasa aman dan tentram dalam masyarakat kita.

Rapat Koordinasi ini, menghasilkan Pernyataan sikap tokoh lintas agama dan seluruh elemen masyarakat Jambi terkait aksi teror yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Pernyataan sikap ini dibacakan langsung oleh Ketua MUI Provinsi Jambi Prof. DR. H. Hadri Hasan, MA diantaranya :

pertama, mengutuk keras aksi teror bom di berbagai tempat di Indonesia, apalagi melibatkan anak-anak, tindakan tersebut bukanlah mencerminkan kemuliaan Ajaran Agama, tetapi Doktrin Sesat dari paham keagamaan.

Kedua, Menghimbau kepada seluruh Organisasi Lintas Agama untuk senantiasa saling menghormati Ajaran Agama dan Keyakinan masing-masing serta memberikan pembinaan kepada seluruh UMATNYA akan pentingnya Hidup Rukun dan Damai di Provinsi Jambi pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Ketiga, berkomitmen bahwa sesungguhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati, dan menolak berbagai upaya yang ingin merusak Persatuan dan Kesatuan Republik Indonesia.

Keempat, meminta kepada DPR Republik Indonesia untuk segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang Anti Terorisme sebagai panduan dalam Penegakan Hukum.

Kelima, menghimbau kepada Juru Penerang Agama, Penyuluh Lintas Agama, Da’i dan Mubaligh untuk menyampaikan pesan Keagamaan yang menyejukkan dan menghindari Dakwah Provokatif yang dapat merusak persatuan.

Keenam, mendukung sepenuhnya langkah-langkah Pemerintah, TNI dan Polri dalam melakukan tindakan tegas terhadap pelaku teror dan berbagai upaya yang dapat merusak nilai-nilai persaudaraan dan kebangsaan.

Ketujuh, memasuki Bulan Suci Ramadhan 1439 H, meminta kepada seluruh umat beragama untuk saling menghormati dan menjaga kekhusu’an ibadah di bulan Suci Ramadhan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan lembar pernyataan sikap oleh seluruh perwakilan tokoh enam agama, ormas islam dan unsur forkompinda sebagai pihak yang turut menghadiri acara. (NV/EK)


 


239x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Upacara Bendera MTsN Sengeti Dipimpin Kanit Ragident Polres Muaro Jambi
Upacara Bendera MTsN Sengeti Dipimpin Kanit Ragident Polres Muaro Jambi
Kompak, Ka.Kamenag dan Kadis Diknas Lakukan Monev di MAN 1 Sarolangun
Kompak, Ka.Kamenag dan Kadis Diknas Lakukan Monev di MAN 1 Sarolangun
Siswa-Siswi Kelas VIII MTsN Maro Sebo Ulu Praktek Membuat Luas Lingkaran
Siswa-Siswi Kelas VIII MTsN Maro Sebo Ulu Praktek Membuat Luas Lingkaran
Seksi Pend. Madrasah Laksanakan Rakor BOS
Seksi Pend. Madrasah Laksanakan Rakor BOS

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 17 Oktober 2018, 04:35:26 wib | Diproses dalam waktu : 0.1358 detik
Diakses dari ip address: 54.196.26.1
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved