Diposting Pada: Jumat, 27 April 2018
KOMPANGAN Berhasil Memukau Masyarakat Jambi Pada Gelaran Festival Seni Budaya Islam Tahun 2018


KOMPANGAN Berhasil Memukau Masyarakat Jambi Pada Gelaran Festival Seni Budaya Islam Tahun 2018Jambi (Inmas) – Festival Seni Budaya Islam untuk kedua kalinya digelar. Pada tahun sebelumya di selenggarakan di Banjarmasin dan tahun ini Provinsi Jambi dipercaya menjadi tuan rumah. Acara dibuka langsung oleh Direktur Penerangan Agama Islam Drs. H. Khoirudin,MM bersama Ketua Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Drs. H. Tarmizi Tohor,MA didampingi Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Drs. H. Muhamad,M.Pd.I.

Kegiatan ini adalah program kerja dari Direktorat Penerangan Agama Islam Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI.

“Saya bersyukur atas dipercayakannya jambi sebagai tempat penyelenggaraan festival ini, dan terimakasih kepada pak Direktur serta seluruh panitera pusat dan daerah serta awak media dan partisipasi aktif seluruh peserta tak lupa juga pada masyarakat jambi yang antusias menyaksikan gelaran ini”, ujar Kakanwil saat memberi arahan.

Sementara itu, Direktur Penais mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengali seberapa besar potensi yang dimiliki masyarakat Islam Indonesia dalam seni budaya Islam yang banyak ragamnya. Di Kementerian Agama kita punya LSBI (Lembaga seni Budaya Islam) melalui lembaga ini diharapkan seni Islam dapat berkembang. Hampir seluruh daerah memiliki seni budaya Islam yang khas bahkan di papua sekalipun.

“Event ini merupakan upaya untuk melestarikan Seni Budaya Islam di Provinsi Jambi, terutama kompangan, tutur H. Khoirudin.

Semangat yang sama juga dituturkan oleh ketua LASQI, H. Tarmizi Tohor, bahwa ada kekhawatiran terhadap anak cucu kita nanti tidak lagi mengenal hadrah, rebana, gambus, sebagai sebuah kekayaan seni budaya Islam maka ini perlu kita gaungkan agar generasi muda tidak hanya mengemari seni budaya modern saja.

Wakil Ketua LASQI, H. Herman yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi juga memiliki spirit untuk bagaimana seni budaya islam diprovinsi jambi terdengar gaungnya dimasyarakat. Agar masyarakat lebih mengenal dan mencintai seni budaya yang bersumber dari nilai nilai keagamaan Islam.

Festival Seni Budaya Islam kali ini mengangkat tema JAMBI MENABUH 2018, selaras dengan antusiasnya masyarakat jambi yang menyaksikan langsung perlombaan. Penampilan perdana di buka oleh peserta dari kabupaten kerinci, dengan sangat apik berhasil menyita perhatian, menampilkan seni kompangan disertai narasi lengkap terkait moment diselenggarakannya kompangan yakni pada saat mengantar pengantin laki-laki dan jelas sekali syarat akan nilai-nilai pesan keagamaan dalam senandung lirik yang dilantunkan, sebagai pesan moral yang mulia kepada anak bangsa Indonesia.

Tabuhan kompangan membius masyarakat jambi pada Kamis malam (26/4) di lapangan Asrama Haji Kota Baru Jambi, tampak sekali harmonisasi alunan tabuhan dangan lirik yang disenandungkan sehingga meskipun hampir larut malam namun tak sedikitpun mengurangi atensi masyarakat jambi untuk menyaksikan hingga akhir acara. Pada malam ini tampil dari lima kabupaten yakni, kerinci, Batanghari, Tebo, Muaro Jambi dan kota jambi. Lomba akan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB hari ini.

Terlebih event ini juga dihadiri oleh Ustadz Syamsudin Nur dari acara Islam Itu indah Trans TV yang akan meliput seluruh rangkaian gelaran Festival Seni Budaya Islam Tahun 2018 di Jambi, dan tentunya bagi masyarakat jambi jangan lewatkan rangkaian perlombaan dalam festival ini yang masih berlangsung hingga sabtu (28/4) mendatang. (NV)

 


212x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Kafilah Kota Jambi ikut pawai ta'aruf
Kafilah Kota Jambi ikut pawai ta'aruf
Kemenag Merangin Genjot Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
Kemenag Merangin Genjot Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
MAN Labor Lepas 3 Siswanya Ikuti Rainas
MAN Labor Lepas 3 Siswanya Ikuti Rainas
Sosialisasi Hak-Hak Perempuan dalam Perkawinan Guna Mencegah KDRT
Sosialisasi Hak-Hak Perempuan dalam Perkawinan Guna Mencegah KDRT

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 17 Oktober 2018, 03:35:40 wib | Diproses dalam waktu : 0.0794 detik
Diakses dari ip address: 54.196.26.1
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved