Jumlah kuota haji reguler Provinsi Jambi Tahun 1440H/2019M sebanyak 2.919 orang, terdiri dari; 2.899 Calon Jamaah Haji dan 20 Petugas Haji Daerah   Pelunasan BPIH Reguler Tahap I dimulai tanggal 19 Maret – 15 April 2019   Besaran BPIH jamaah haji reguler Provinsi Jambi Rp. 32.306.450,- dan TPHD sebesar Rp. 67.905.304,- ++ Biaya Visa sebesar SAR.2000 bagi JCH dan TPHD yang pernah berhaji   Kanwil Kemenag Prov.Jambi menghimbau kepada jajarannya untuk menjaga Netralitas PNS dan menjaga kebersamaan Umat   140.936 Paspor Jemaah Haji Indonesia Sudah Diterbitkan  

Gunakan Sistem CAT, Seleksi Petugas Haji Tahun Ini diharapkan lebih Profesional


Diposting pada: Kamis, 12 April 2018
140.936 Paspor Jemaah Haji Indonesia Sudah Diterbitkan

Jambi (inmas) - Setelah sebelumnya dilaksanakan seleksi bagi calon petugas Haji Tingkat Kabupaten / Kota dalam Provinsi Jambi. Hari ini, (12/04/2018) bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi di laksanakan Tahapan seleksi bagi Calon Petugas Haji Indonesia Tingkat Provinsi Jambi. Kegiatan ini juga dilakanakan serentak di seluruh Provinsi di Indonesia.



Sebelum pelaksanakan seleksi, dilakukan acara pembukaan. Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) yang bertindak selaku ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya seleksi calon petugas haji ini adalah untuk menyeleksi calon petugas haji secara transparan guna mendapatkan petugas haji yang berkualitas, professional dan memahami tugas dan tanggungjawab yang dibebankan kepadanya.



Sementara itu dalam arahannya Dirjen PHU Kementerian Agama RI yang diwakilkan oleh Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs. H. Muhamad, M. Pd. I menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan rekrutmen petugas ini sangat penting karena merupakan bagian dari proses penyelenggaraan ibadah haji.

Beliau juga menjelaskan bahwa sesuai rencana Perjalanan Haji tahun 1439 H / 2018 M, pemberangkatan jama'ah haji kloter pertama mulai tanggal 17 Juli 2018, dan kloter terakhir tanggal 15 Agustus 2018.

Sementara Wukuf di arafah tanggal 20 Agustus 2018. Untuk awal Pemulangan jemaah haji direncanakan tanggal 8 September 2018. Sedangkan akhir pemulangan tanggal 25 September 2018. Sehingga para petugas haji sudah tersedia dan siap sebelum rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan.



Beliau juga menjelaskan bahwa untuk memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik, maka perlu rekrutmen calon petugas haji baik itu Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melalui seleksi administrasi, seleksi kompetensi dan praktek.



"Perlu diketahui bahwa untuk tahun ini kita mengadakan seleksi dengan pola CAT (Computer Assisted Test) yang merupakan inovasi dari pelaksanaan seleksi. Keunggulan dari CAT selain menghemat anggaran Negara, peserta juga tidak perlu repot lagi untuk melingkari lembar jawaban disamping juga dapat mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil seleksi." Ungkap beliau.



Pada kesempatan ini beliau juga menekankan bahwa seluruh peserta memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan. Seluruh pihak terkait juga diharapkan dapat bersikap sportif, konsekuen dan konsisten serta lebih mengutamakan profesionalitas.



Untuk Provinsi Jambi, jumlah peserta yang lolos dan ikut rekrutmen calon petugas haji tingkat Provinsi Jambi sebanyak 46 orang yang terdiri dari PPIH Arab Saudi, dalam hal ini petugas Bimbingan ibadah sebanyak 1 orang dan petugas layanan umum sebanyak 15 orang. Sementara TPHI berjumlah 16 orang dan TPIHI sebanyak 14 orang.



Untuk materi yang diujikan pada kegiatan ini terdiri dari tes tertulis dalam bentuk Computer Assited Test (CAT) dan Ujian praktek/wawancara. Acara seleksi sendiri dimulai tepat pukul 09.00 wib dan hingga berita berita ini diturunkan peserta terlihat masih antusias mengikuti rangkaian seleksi penerimaan Calon Petugas Haji Indonesia.(ek)