Diposting Pada: Selasa, 13 Februari 2018
30 Peserta Ikuti Uji Kompetensi Jafung Penyuluh


30 Peserta Ikuti Uji Kompetensi Jafung PenyuluhJambi (Inmas)---Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi 9 Februari lalu, selanjutnya para pelamar Jabatan fungsional penyuluh agama Islam melalui penyesuaian(inpassing) mengikuti uji kompetensi. Ujian tertulis yang berlangsung selama 120 menit ini berjalan lancar dan sukses di aula kanwil kementerian agama provinsi jambi, Selasa (13/2).

“Idealnya penyuluh fungsional satu kecamatan satu orang, sedangkan saat ini ada 577 KUA dengan 4500 penyuluh, artinya masih kurang sekitar 1500 penyuluh, Inpassing inilah sebagai upaya agar penyuluh hadir si setiap kecamatan yang bisa menjadi ujung tombak bidang agama Islam dan pembangunan bangsa,” demikian penegasan Kasi Ketenagaan Direktorat Penerangan Agama Islam Kementerian RI, H.Amrullah, MA, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan uji kompetensi inpassing jabatan penyuluh agama Islam.

Menurut Amrullah, tahun 2018 ini Penyuluh menjadi salah satu prioritas program Menteri yakni “Menteri menyapa penyuluh” baik dengan aplikasi EPAI atau secara langsung menteri setiap minggu akan menyapa penyuluh. Lebih lanjut dikatakannya, penyuluh harus ahli dibidangnya, bukan sekedar penceramah tetapi harus mampu membina dan membimbing umat Islam.

Senada dengan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad, mengatakan bahwa penyuluh sangat dinantikan masyarakat untuk mendapatkan pesan terkait hati (keimanan dan ketaqwaan). Maka niatkan ikhlas semata untuk pengabdian. Hadirlah memberi suasana damai dan nyaman di masyarakat.

“Inilah orang-orang terbaik sehingga kehadiran kementerian agama itu dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

Kepala Bidang Penais dan Zawa, H.Herman menyebutkan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Inpassing Penyuluh ini diikuti oleh 30 orang peserta, dimana sebelumnya berkas dari seluruh peserta telah dilakukan pemeriksaan sebagai syarat untuk mengikuti uji kompetensi tersebut.

"Kita berharap dengan dilaksanakannya uji kompetensi ini akan melahirkan para penyuluh yang handal yang menjadi garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan pencerahan di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sementara itu sehari sebelumnya Senin (12/2), Kepala Subbagian Asesment Pegawai Kementerian Agama RI, Syahruddin,S.IP MM menyampaikan dalam entry meeting uji kompetensi inpassing penyuluh, bahwa dua hal penting agar asesment tidak sia sia, pertama kewajiban untuk terbuka kepada publik yang masuk gelanggang asesment tersebut harus jelas kedua, syarat dalam mengikuti asesment harus jelas. Entry meeting ini penting dilakukan agar semua tim yang bekerja nantinya faham, tambahnya.

Hari ini sebanyak 30 peserta mengikuti uji kompetensi inpassing jabatan penyuluh agama Islam, selanjutnya tes wawancara langsung dengan Kakanwil, Kabid Penais dan H. Hasbi Assidiqi (Akademisi UIN STS Jambi) yang di bagi dua sesi hari ini dan besok. (NV)

 


111x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Kasi Bimas Kemenag Tanjab Timur Hadiri Sunatan Massal BAZNAS Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI ke 72
Kasi Bimas Kemenag Tanjab Timur Hadiri Sunatan Massal BAZNAS Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI ke 72
Genderang Laga Final Liga MTsN Daya Murni Dimulai
Genderang Laga Final Liga MTsN Daya Murni Dimulai
Wali Kota Jambi Pimpin Pelepasan Jamaah Calon Haji Asal Kota Jambi
Wali Kota Jambi Pimpin Pelepasan Jamaah Calon Haji Asal Kota Jambi
Tingkatkan Pelayanan Prima, MTsN Air Hangat Bangun Ruang UKS Baru
Tingkatkan Pelayanan Prima, MTsN Air Hangat Bangun Ruang UKS Baru

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 23 Mei 2018, 08:16:07 wib | Diproses dalam waktu : 0.13 detik
Diakses dari ip address: 54.224.91.58
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved