SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAMBI

Kanwil Salurkan Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal


Diposting pada: Jumat, 09 Februari 2018
Kanwil Salurkan Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul AthfalJambi (Inmas) --Kesadaran akan pentingnya penyelenggaraan pendidikan anak usia dini saat ini telah tumbuh sebagai sebuah kesadaran kolektif antara masyarakat dan pemerintah.



Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, menunjukkan bahwa Raudlatul Athfal (RA) semuanya dikelola oleh masyarakat berstatus swasta dengan jumlah siswanya sebanyak 10.781 siswa.



Pada program pendidikan Pada Usia Dini (PAUD) Kementerian Agama meluncurkan program Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal (BOP RA) di seluruh Indonesia.



Ka.Kanwil, H.Muhamad saat memberikan sambutannya mengatakan Program BOP merupakan program utama PAUD yang diharapkan dapat membantu dalam memenuhi biaya bantuan operasional pendidikan RA serta memberikan layanan pendidikan yang terjangkan dan bermutu.



"Keberhasilan pengelolaan sebuah program RA tidak lepas dari kontribusi semua pihak mulai dari Kementerian Agama RI, Kanwil, Kemenag Kabupaten/Kota dan Raudlatul Athfal," ujar Ka.Kanwil.



Dijelaskan, fungsi pengawasan pada tiap tingkatan harus benar-bernar berjalan dengan tujuan untuk mengurangi atau menghindari masalah yang berhubungan dengan penyalahgunaan wewenang, pemoborosan dan kebocoran keuangan negara, pungutan liar dan bentuk penyelewengan lainnya.



"Pemberian bantuan ini diharapkan dapat mendorong kreatifitas Kepala RA untuk mengelola lembaga pendidikannya menjadi lebih baik sehingga akan tercapai tujuan lembaga pendidikan yang ideal.



"Tentunya proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan akan terwujud apabila didukung oleh program pengembangan kesiswaan dan disertai oleh dukungan sarana dan prasarana yang menunjang.



Untuk diketahui, pemberian Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal berupa pemberian dana langsung yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa masing-masing RA dengan mengutamakan untuk membantu RA dalam memenuhi biaya operasional pendidikan. (pas)