Diposting Pada: Selasa, 28 November 2017
Zola : MQK Ajang Strategis Kembangkan Tradisi Pesantren


Zola : MQK Ajang Strategis Kembangkan Tradisi PesantrenJambi (Inmas) --Gubernur jambi, H.Zumi Zola mengatakan bahwa pelaksanaaan Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) menjadi ajang strategis untuk mengembangkan akademik tradisi dari Pondok Pesantren.

"Kegiatan MQK juga menjadi daya rangsang untuk meningkatkan kajian kitab kuning," ungkap gubernur saat melepas kontingen Provinsi Jambi pada MQKN ke Jepara, Selasa (28/11).

MQK juga bertujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi ulama melalui karya kitab kuning yang menjadi referensi utama pondok pesantren, serta membentuk karakter kepribadian santri yang unggul, berkualitas dan berkarakter.

"Jangan jadikan amanah ini sebuah beban, namun sebuah kehormatan dan jaga nama baik Jambi dan junjung tinggi sportifitas untuk prestasi gemilang," pungkas gubernur.

Ketua Kontingen Jambi, H.A.Rahman Sayuti dalam laporannya mengungkapkan Provinsi Jambi mengutus sebanyak 46 peserta yang akan mengikuti 21 cabang lomba pada tingkatan Ula, Ulya dan Wustha.

"Kami ucapkan terima kasih kepada gubernur atas perhatian yang diberikan serta berkenan melepas secara langsung keberangkatan kontingen untuk mengikuti MQKN di Jepara," ujarnya.

MQK merupakan ajang kompetisi akademik bidang penguasaan ilmu agama (tafaqquh fiddin), sekaligus penguatan tradisi akademik dan kelembagaan pondok pesantren.

Penyelenggaraan MQK juga menjadi instrumen kelembagaan bagi penguatan empat pilar kebangsaan bagi para santri dan seluruh civitas akademika pondok pesantren sesuai semangat Hari Santri sebagaimana Keputusan Presiden No. 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Sejumlah kitab kuning karya ulama Nusantara akan dimusabaqahkan dalam kesempatan MQK keenam itu, di antaranya Kitab Syarah al-luma dan Bayan al-mulamma an alfadzil luma. (pas)

 


113x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
7 Ruangan Disiapkan Panpel UTS MTsN Maro Sebo Ulu
7 Ruangan Disiapkan Panpel UTS MTsN Maro Sebo Ulu
Camat Lantik Kades, Kepala KUA Pauh Jadi Rohaniawannya
Camat Lantik Kades, Kepala KUA Pauh Jadi Rohaniawannya
Kafilah MTQ Kabupaten Sungai Penuh Tiba Lebih Awal Di Tanjab Timur
Kafilah MTQ Kabupaten Sungai Penuh Tiba Lebih Awal Di Tanjab Timur
Dinkes Kota Sungai Penuh Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba di MAN 1
Dinkes Kota Sungai Penuh Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba di MAN 1

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 19 Desember 2017, 03:28:32 wib | Diproses dalam waktu : 0.1933 detik
Diakses dari ip address: 54.145.51.250
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved