SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAMBI

IGRA Kabupaten Batang Hari Gelar Peragaan Manasik Haji Bagi Anak-Anak Raudhatul Athfal


Diposting pada: Jumat, 17 November 2017
IGRA Kabupaten Batang Hari Gelar Peragaan Manasik Haji Bagi Anak-Anak Raudhatul AthfalBatang Hari ( Kemenag ) Ikatan Guru Raudhotul Atfal (IGRA) Kabupaten Batang Hari, Kamis pagi (16/11) ajarkan manasik haji kepada 430 anak di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari.Peserta terdiri dari 14 Raudhotul Atfal di Kabupaten Batang Hari. Kegiatan Manasi haji ini di gelar sebagai pembelajaran wajibnya melaksanakan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima.



Diawali dengan simulasi menuju Padang Arafah untuk wukuf, berdoa dipadang Arafah dilanjutkan mabit di musdalifah dan di Mina dilanjutkan dengan melontar jumrah ula, wustha, dan aqabah, kemudian dilanjutkan dengan tawaf dan sa’i dari bukit shofa dan marwah ditutup dengan tahallul. Itulah gambar singkat yang dilaksanakan anak-anak RA dalam kegiatan manasik haji tersebut.

Ketua Ikatan Guru Raudhotul Alfal Kiki Wijaya menjelaskan, pihaknya sengaja menyelenggarakan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pengetahuan tatacara pelaksanaan ibadah haji.

Dengan adanya kegiatan itu, lanjut Kiki, diharapkan masyarakat menjadi tahu pentingnya memberikan pengajaran kepada anak, agar dia bisa tau wajibnya melaksanakan rukun Islam ke lima sejakusia dini.



Kepala Kantor Kementerian Agama Herman S.Ag mengatakan peragaan manasik haji ini sangat bermanfaat dan menjadi suatu motivasi bagi anak-anak agar ke depan untuk lebih mendalami ajaran agama.

“Terlebih peragaan manasik haji bagi anak-anak pada tingkat RA, pendidikan Alquran mempunyai arti penting, sebab ibadah haji sebagai rukun Islam kelima memang perlu dipelajari sejak dini sebagaimana mempelajari tata cara pelaksanaan salat sebagai rukun Islam”, ujar herman



Dengann adanya kegiatan semacam ini, bisa memaksimalkan pembelajaran dan pengetahuan anak asuh para guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Raudhotul Atfal. (mar)