Diposting Pada: Selasa, 10 Oktober 2017
Menag Buka Pentas PAI Tahun 2017


Menag Buka Pentas PAI Tahun 2017H.Abd.Rahman Sayuti : Pentas PAI Ajang Silaturrahmi dan Memperkuat Ukhuwah

Banda Aceh (Inmas) --Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi membuka Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII Tahun 2017 di Provinsi Aceh. Tampak hadir, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Wakil Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, sejumlah pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia, Alim ulama, teungku, dan tokoh masyarakat Aceh.

Menag Lukman mengatakan, Pentas PAI sesungguhnya merupakan kebutuhan kita semua, di mana dengan kegiatan ini, kita sebagai orang tua yang memiliki anak belajar di Sekolah Dasar hingga SMA/SMK dapat mengetahui bagaimana pengetahuan, bakat, minat, dan keterampilan yang dimiliki oleh anak-anak kita dibidang pendidikan agama islam (PAI).

Bahkan, lanjut Menag, dengan Pentas PAI ini kita dapat mengetahui bagaimana tingkat ketuntasan dan ketercapaian proses Pendidikan Agama Islam yang selama ini dilakukan. Tidak hanya itu, kebutuhan kita sebagai penyelenggara, aparatur pemerintah, dan legislasi kebijakan pendidikan dapat mengetahui bagaimana pembinaan dan pemantauan serta evaluasi atas perkembangan keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam secara nasional.

“Kita sebagai masyarakat dapat mengetahui bagaimana potensi-potensi Pendidikan Agama Islam yang dimiliki oleh para generasi muda, sehingga kita dapat menatap masa depan bangsa dan negara yang lebih baik”, kata Menag.

"Penyelenggaraan Pentas PAI memiliki makna dan posisi yang sangat strategis, di antaranya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pendidikan Agama Islam," ujarnya.

Mengusung “Merawat Keberagaman, Memantapkan Keberagamaan”, Pentas PAI tahun 2017 ini menurut Menag Lukman sangat penting untuk digelorakan di tengah masyarakat sesuai konteks dan karakteristik keindonesiaan yang beragam.

“Sangat penting untuk kita gelorakan terutama di tengah-tengah penyelenggaraan Pentas PAI ini. Sebab, Pendidikan Agama Islam, sudah seharusnya dikontekskan dengan karakteristik keindonesiaan, yang memang tidak terpisah dari keragaman dalam banyak aspeknya, di satu sisi, dan nilai-nilai religiusitas dan keagamaan di sisi yang lain," ucap Menag.

Kabid PAKIS, H.Abd.Rahman Sayuti mengungkapkan, pada Pentas PAI kali ini Provinsi Jambi mengirim sebanyak 31 orang peserta yang akan mengikuti berbagai cabang yang dilombakan.

"Kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi sesama umat muslim untuk memperkuat ukhuwah islamiah diantara kita," ujarnya.
Dikatakan, pada Pentas PAI tahun 2017 ini, kontingen Jambi tidak ada target khusus, "yang jelas semoga para peserta dapat mengikuti lomba dengan baik dan maksimal hingga menjadi juara," harapnya. (cls/pas)

 


148x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
KUA Sekernan Selaku Tuan Rumah Gelar Manasik Haji Dari 7 KUA Kecamatan
KUA Sekernan Selaku Tuan Rumah Gelar Manasik Haji Dari 7 KUA Kecamatan
Wujudkan Keluarga Sakinah, KUA Gunung Kerinci Optimalkan Bimbingan Masyarakat
Wujudkan Keluarga Sakinah, KUA Gunung Kerinci Optimalkan Bimbingan Masyarakat
Mansa Award MAN 1 Kuala Tungkal
Mansa Award MAN 1 Kuala Tungkal
Bupati Muaro Jambi Resmi lepas JCH 2017
Bupati Muaro Jambi Resmi lepas JCH 2017

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 24 Oktober 2017, 10:59:47 wib | Diproses dalam waktu : 0.0596 detik
Diakses dari ip address: 54.81.6.121
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved