Diposting Pada: Senin, 17 Juli 2017
Warna-Warni Itu Indah


Warna-Warni Itu IndahJambi (Inmas) --Tim verifikasi calon penerima bantuan Desa Sadar Kerukunan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, melakukan verifikasi terhadap desa yang diusulkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebagai percontohan sadar kerukunan. Kegiatan verifikasi perdana dilakukan di Desa Siliwangi Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun (13/17) bertempat di Balai Desa, dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarolangun yang diwakili oleh Kasubbag TU, Kepala KUA Kecamatan Singkut, tokoh Agama Islam dan Kristen, tokoh masyarakat, ketua pemuda, perangkat desa dan masyarakat.

Kegiatan diawali dengan sambutan tokoh agama Islam, sambutan tokoh agama Katolik, sambutan Kepala Kankemenag dan sambutan oleh Subbag Hukum dan KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi. Pemuka Agama Islam (H.Njuk Sholihin) dalam sambutannya menyampaikan bahwa didasari oleh semangat gotong royong dan ukhuwah basyariah, kami hidup rukun berdampingan satu sama lain tanpa memandang suku, agama dan asal daerah. Sementara dari tokoh agama Katolik (Jimin) menyampaikan bahwa “warna warni itu indah”, ibarat sebidang tanah yang ditanami berbagai jenis bunga maka akan kelihatan indah, begitulah kehidupan kami di desa Siliwangi ini.

Kepala Kantor Kemenag yang diwakili oleh Kasubbag TU (M.Satar) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerukunan yang telah terjalin dan memberikan motifasi agar kerukunan ini tetap dijaga dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sementara kasubbag Hukum dan KUB (H. Wahyudi) dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan dilakukan verifikasi dan apresiasi atas terjalinnya kerukunan atas keberagaman, baik beragama, suku dan budaya dalam satu desa siliwangi.

Selesai sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan sesi wawancara dengan tokoh pemuda, perwakilan dari kaum perempuan yang diwakili oleh guru TK dan Pendeta. “Kegiatan kepemudaan lebih diarahkan kepada kegiatan kemasyarakatan dengan menitik beratkan pada aspek kerukunan dan penanggulangan narkoba” tutur nanang(ketua pemuda), sedangkan pembinaan kerohanian yang dilakukan oleh salah seorang pendeta katolik pada desa Siliwangi terhadap umatnya selain memberikan bimbingan ibadah dan kerohanian sesuai agamanya, juga memberikan spirit hidup berdampingan dan menjaga kerukunan. Aspek keberagaman dan kerukunan juga ditanamkan sejak dini melalui pendidikan Taman Kanak-Kanak, tutur salah seorang pengasuh atau guru TK (Dwi).

Kegiatan verifikasi diakhiri dengan kunjungan ke Makam bersama dan rumah ibadah yang jarak antara satu sama lainnya tidak berjauhan. Pemakaman di Desa Siliwangi ini tergabung dalam satu tempat antara muslim dan non muslim, mereka juga saling bergotong royong bahu membahu amanakala ada musibah kematian (ltf/pas)

 


88x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Suasana Haru Lepas H. Abd. Rahman
Suasana Haru Lepas H. Abd. Rahman
Gudep Pramuka MTsN Muara Tembesi Raih Dua Gelar Pada Gelar Cikal Penggalang
Gudep Pramuka MTsN Muara Tembesi Raih Dua Gelar Pada Gelar Cikal Penggalang
 JCH Provinsi Jambi Kloter 20 Telah Tiba Di Tanah Suci
JCH Provinsi Jambi Kloter 20 Telah Tiba Di Tanah Suci
PAI Non PNS KUA Rimbo Tengah Ikuti Kegiatan Pencegahan Konflik Bagi Unsur Pemuda Lintas Agama
PAI Non PNS KUA Rimbo Tengah Ikuti Kegiatan Pencegahan Konflik Bagi Unsur Pemuda Lintas Agama

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 25 September 2017, 02:15:40 wib | Diproses dalam waktu : 0.0343 detik
Diakses dari ip address: 54.225.54.120
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved