Diposting Pada: Rabu, 14 Juni 2017
Desa Sadar Kerukunan Jadi Potret Komitmen Bernegara


Desa Sadar Kerukunan Jadi Potret Komitmen BernegaraJambi (Inmas) --Di era Pra kemerdekaan tantangan besar yang dihadapi bangsa ini adalah menghadapi penjajahan untuk merebut kemerdekaan, pasca kemerdekaan mulai muncul benturan tentang bentuk dan dasar negara yang berpotensi menimbulkan konflik dikalangan elit politik kala itu, sedangkan pada masa orde lama berkembangnya faham komunis yang menjadi salah satu kekuatan politik, sementara orde baru terjadinya polarisasi cara pandang masyarakat tentang hubungan agama dan negara, dan di era reformasi munculnya faham radikalisme agama yang menyuarakan menggugat kembali dasar negara republik indonesia.

Sejarah perkembangan bangsa indonesia menuju negara yang makmur serta berkeadilan selalu mengalami tantangan besar, sesuai dinamika yang berkembang dalm kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya setiap muncul dinamika sosial politik selalu melibatkan agama yang dijadikan alat untuk kepentingan itu sendiri, imbasnya berpengaruh kepada memudarnya sikap toleransi dan kerukunan umat beragama.

Oleh karenanya upaya untuk melestarikan kerukunan umat bergama harus terus diupayakan bahkan dkembangkan sampai ke tingkat desa/ Kelurahan agar pesan kerukunan tersebut terjaga dengan baik, salah satunya dengan adanya desa sadar kerukunan.
Desa sadar kerukunan tersebut diharapkan terciptanya sebuah desa yang menjadi desa percontohan sadar kerukunan sebagai potret masyarakat yang saling menghormati dalam suasana kehidupan yang rukun.

Desa sadar kerukunan akan menjadi potret pemahaman masyarakat dalam komitmen bernegara yang tidak hanya bersifat simbolik tetapi juga bersifat substansial, dimana wajah kerukunan menjadi nilai dan prilaku yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat indonesia yang penuh keberagaman. (pas)

 


81x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Keluarga Besar MAN 1 Kuala Tungkal Peringati Isra' Mi'raj
Keluarga Besar MAN 1 Kuala Tungkal Peringati Isra' Mi'raj
Tanamkan Kedisiplin dan Sikap Tanggung Jawab Kepada Peserta Didik
Tanamkan Kedisiplin dan Sikap Tanggung Jawab Kepada Peserta Didik
Siswa MI Koto Majidin Lestarikan Pencak Silat Melalui Ekstrakurikuler
Siswa MI Koto Majidin Lestarikan Pencak Silat Melalui Ekstrakurikuler
Drumband Bahana Syi'ar Islami MTs Negeri Maro Sebo Ulu Tunjukkan Keeksisan
Drumband Bahana Syi'ar Islami MTs Negeri Maro Sebo Ulu Tunjukkan Keeksisan

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 16 Agustus 2017, 20:15:01 wib | Diproses dalam waktu : 0.2529 detik
Diakses dari ip address: 54.166.187.78
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved