Diposting Pada: Rabu, 14 Juni 2017
Kemenag Jambi Luncurkan Desa Sadar Kerukunan


Kemenag Jambi Luncurkan Desa Sadar KerukunanJambi (Inmas) --Sejarah perkembangan bangsa indonesia menuju negara yang makmur serta berkeadilan selalu mengalami tantangan besar, sesuai dinamika yang berkembang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya setiap muncul dinamika sosial politik selalu melibatkan agama yang dijadikan alat untuk kepentingan itu sendiri, imbasnya berpengaruh kepada memudarnya sikap toleransi dan kerukunan umat beragama.

Menjawab hal tersebut perlunya adanya upaya yang dilakukan untuk melestarikan serta merawat kerukunan umat beragama bahkan dikembangkan hingga pelosok desa agara pesan kerukunan terjaga dengan baik, upaya inilah yang sedang dilakukan Subbag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kemenag Jambi dengan meluncurkan Desa Sadar Kerukunan.

Kasubbag Hukum dan KUB, H.Wahyudi menuturkan bahwa dengan adanya desa sadar kerukunan tersebut diharapkan terciptanya sebuah desa yang menjadi sebuah desa percontohan sadar kerukunan sebagai potret masyarakat yang saling menghormati dalam suasana kehidupan yang rukun.

"Nantinya akan dilaunching desa tersebut, yang selanjutnya para tokoh agama akan kita bina, pemudanya diberikan sarana olahraga, sehingga kearifan desa tersebut dapat terjaga dengan baik," ujarnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan bantuan desa sadar kerukunan akan melalui tahapan seperti Kanwil akan menyurati Kemenag masing-masing untuk mengusulkan permintaan bantuan desa tersebut selanjutnya diusulkannya desa tersebut dari Kemenag Kabupaten/ Kota sebagai pemberitahuan, kemudian desa tersebut akan melalui proses verifikasi yang mencakup salah satunya lokasi desa, keadaan penduduk dengan berbagai latar belakang agama dan adanya tradisi saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya. Desa yang lolos seleksi serta layak menjadi desa sadar kerukunan tersebut akan diberikan bantuan uang 40 juta. (pas)

 


128x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Seluruh Pegawai ASN Kemenag Tanjab Timur Sambut Kehadiran Kakan Kemenag Yang Baru
Seluruh Pegawai ASN Kemenag Tanjab Timur Sambut Kehadiran Kakan Kemenag Yang Baru
Jaga Kebugaran, Kemenag Batang Hari Gelar Senam Bersama
Jaga Kebugaran, Kemenag Batang Hari Gelar Senam Bersama
Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah
Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah
Festival Rebana Pukau Ribuan Penonton
Festival Rebana Pukau Ribuan Penonton

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 24 Oktober 2017, 10:52:21 wib | Diproses dalam waktu : 0.0374 detik
Diakses dari ip address: 54.81.6.121
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved