Diposting Pada: Kamis, 19 Januari 2017
Guru BK MTsN Maro Sebo Ulu Giatkan Home Visit


Guru BK MTsN Maro Sebo Ulu Giatkan Home Visit

Batanghari (MTsN Maro Sebo Ulu) --Layanan kunjungan rumah (Home visit) adalah salah satu teknik pengumpul data yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling MTs Negeri Maro Sebo Ulu, Sari Kurnia Arisandi Ansa Noor, S.S ,M.Pd.I dengan jalan mengunjungi rumah siswa untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa dan untuk melengkapi data siswa yang sudah ada yang diperoleh yang bertujuan untuk mendeteksi kondisi keluarga dalam  kaitannya dengan permasalahan anak perindividu maupun kelompom agar mendapat berbagai informasi  yang dapat digunakan lebih efektif.



Kegiatan kunjungan rumah merupakan salah satu kegiatan pendukung yang diadakan untuk memahami diri siswa yang bermasalah secara lebih lengkap di dalam proses pemberian bantuan melalui jenis layanan bimbingan dan konseling di sekolah, ujar Sari Kurnia Arisandi Ansa Noor, S.S.,M.Pd.I selaku guru Bimbingan dan Konseling MTs Negeri Maro Sebo Ulu.



Dijelaskannya, layanan kunjungan rumah atau home visit dilakukan bertujuan untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan akurat berkenaan dengan masalah yang dihadapi siswa serta digalangnya komitmen orangtua atau anggota keluarga lainnya dalam rangka penyelesaian masalah dan agar terpahaminya permasalahan tersebut dan menemukan bersama upaya pengentasannya serta mencegah timbulnya masalah baru berkelanjutan.



"Home visit merupakan salah satu layanan pendukung dari kegiatan bimbingan dan konseling dengan mengunjungi orang tua/tempat tinggal siswa. Kegiatan dalam kunjungan rumah dilakukan dengan pengamatan dan wawancara, terutama tentang kondisi rumah tangga, fasilitas belajar, dan hubungan antaranggota keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan siswa. Masalah siswa yang dibahas dapat berupa bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan bidang bimbingan karier," bebernya.



Dalam kunjungan rumah, guru Bimbingan Konseling mendapatkan informasi yang akan membantu dalam memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah. Sehingga memilki hubungan sosial yang baik antar anggota keluarga, memiliki sikap positif atau respek terhadap diri sendiri dan seluruh anggota keluarga, memiliki kemampuan kontrol diri yang baik dalam keluarga, melatih diri agar mempunyai sifat tanggung jawab terhadap keluarga, terjalin komunikasi yang efektif dan demokratis antar penghuni keluarga, serta memiliki kemampuan untuk problem solving masalah yang ada di rumah. Kunjungan rumah juga bertujuan mengetahui situasi dan kondisi dalam rumah guna menemukan cara belajar paling efektif di rumah agar memiliki motif yang tinggi untuk belajar di rumah tanpa disuruh orang tua, tandasnya. (SK/pas)

 


70x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Kemenag Muaro Jambi Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Anggaran 2017
Kemenag Muaro Jambi Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Anggaran 2017
Selangkah lagi perda Caten Bersih Narkoba terbentuk
Selangkah lagi perda Caten Bersih Narkoba terbentuk
MTs N 8 Gandeng Warga Laksanakan Rapat Persiapan Kemah Akbar Madrasah -V
MTs N 8 Gandeng Warga Laksanakan Rapat Persiapan Kemah Akbar Madrasah -V
Persiapan pembuatan Paspor, Kankemenag Kab. Merangin Berkoordinasi dengan Imigrasi kerinci
Persiapan pembuatan Paspor, Kankemenag Kab. Merangin Berkoordinasi dengan Imigrasi kerinci

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 25 Mei 2018, 10:24:13 wib | Diproses dalam waktu : 0.1338 detik
Diakses dari ip address: 54.224.91.58
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved