Kamis, 13 Juni 2013, 11:42 –
Biro Kepegawaian Pusat Beri Pembekalan Calon Assesment

Jambi(Humas) -Hari ini , kamis (13/06) tepat pukul 09.00 Wib pagi di Aula Kanwil Kemenag provinsi jambi diadakan pembekalan Calon pengelola manajemen Assesment di Lingkungan Kementerian Agama , tujuan persiapan ini adalah untuk melakukan pembekalan calon pengelola manajemen Assesment agar dapat memahami apa itu tentang Assesment , dan untuk melahirkan komitmen berupa program linear Assesment di lingkungan Kementerian Agama.

Acara pembekalan Calon Assesment di lingkungan Kemenag ini disampaikan oleh Tim dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI bagian Pengembangan dan Assesment, yang selaku pemberi materi adalah Bpk Syahruddin, S.IP, MM( Kasubbag Assesment Fungsional) dan juga seorang staf Ari Tobing, SE. para peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini adalah para kasubbag dan kasi di lingkungan Kanwil kemenag prov. Jambi sebanyak 30 Orang Lebih .

Pembekalan Calon Assesment ini merupakan langkah awal menuju remunerasi di tingkat kementerian Agama, dengan syarat-syaratnya harus memiliki penilaian kompetensi untuk menduduki suatu jabatan, dengan lahirnya kompetensi, integritas, pemikiran dan pelaksanaannyapun baru selama 4 tahun di kementerian Agama pusat. hal ini berdasarkan PMA no.10 tahun 2010, menjelaskan bahwa bahagian asessment memiliki kewenangan dan kepercayaan untuk menyiapkan pelaksanaan Assesment. dan ini artinya bahwa kementerian Agama harus didukung oleh jajarannya.

Dari penjelasan Syahruddin, S.IP, MM bahwa harga dari Assesment itu sendiripun nilainya mahal karena menggunakan tenaga-tenaga ahli yang bersertifikat .oleh karena itu kementerian agama harus melakukan Tim penilai atau memiliki alat ukur dan database sendiri berupa Assesment yang mandiri dengan Biaya yang relatif Murah. dan Kementerian Agama memiliki tujuan kedepannya untuk memiliki jabatan baru berupa jabatan Fungsional baru yaitu Assessor yaitu tim penilai dalam melakukan penilaian kompetensi jabatan , assessor ini dibina langsung oleh BKN, dengan tujuan agar dapat melakukan Assessment sendiri di kementerian Agama.

selain itu juga acara pembekalan ini menjelaskan bahwa upaya peran kepegawaian di Kementerian Agama adalah berupaya untuk menilai secara obyektif untuk menilai secara obyektif para pegawainya secara multi assesment yang kompatibel atau memiliki kompetensi sebagai PNS di lingkungan Kemenag, dan dalam hal ini Assesment itu sendiri berbeda dengan dengan penilaian Psikotes, karena memiliki ciri-ciri berupa :1. Melibatkan beberapa Assessor (tim Penilai)2. Adanya Assissi (orang yang dinilai)3. memiliki bahan dasar untuk melihat alat ukur assessmen berupa SKJ ( standar kompetensi jabatan) misalnya untuk bidang Madrasah berbeda penilaiannya dengan KUA atau jabatan Kabid dan kassubag. karena setiap bidang memiliki persyaratan tertentu untuk menilai jabatannya.

Kementerian Agama memiliki cita-cita untuk meningkatkan pegawai negeri sipilnya untuk dapat menggali kompetensinya. dan penggaliannya perlu menggunakan Assessment (penilaian kompetensi). dan selain itu penjelasan lebih lanjut adalah bahwa Assessor itu sendiri adalah orang-orang yang melakukan penilaian kepada PNS yang memiliki Jabatan pada unit kerjanya. Assessor itu ada 2 jenis, yaitu : 1. Assessor Eksternal (diluar PNS Kemenag ) orang yang memiliki sertifikat Assessor karena telah mengikuti Ujian seleksi penerimaan Assesor di Kementerian Agama, yang rencananya akan dibuka lowongan penerimaan Assesor sebanyak 250 orang dari berbagai disiplin ilmu, minimal Strata I, dan kemudian bagi yang lulus akan diberikan SK untuk menjadi Assesor di Kementerian Agama.2. Assessor internal dari PNS Kementerian Agama sendiri,yang akan diikutkan melalui Diklat dan kemudian mendapat sertifikat sebagai Assesor , yang diklatnya itu sendiri berlangsunga selama 60 hari.

Selanjutnya dalam arahan dari Kasubbag pengembangan dan assesment Biro kepegawaian kemenag RI, Syahruddin,S.IP, MM ini menyampaikan kepada para peserta acara pembekalan assesment di kanwil , bagi yang berminat menjadi Assessor internal adalah para pejabat atau pegawai di lingkungan kemenag yang ditunjuk oleh masing-masing unit dengan kriteria sebagai berikut :1. Tingkat pendidikan Minimal S12. Berminat menjadi Assessor3. Calon Assessor dari berbagai Bidang4. memiliki sertifikat Assessor5. lulus seleksi assessor Kementerian Agama

Dan akhirnya melalui pembekalan calon assesment ini diharapkan ada perubahan baru di Lingkungan kementerian Agama dengan tujuan agar memiliki peningkatan kompetensi jabatan dan kualitas pegawai yang lebih baik menuju remunerasi Kementerian agama. (uc)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.151106 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.54
Jumlah pengunjung: 3330605
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.